Satlantas Polres Babar Laksanakan Penilangan Manual dan Himbauan Kepada Masyarakat

SKT.com Babar ||| Satlantas Polres Bangka Barat kembali memberlakukan penilangan manual terhadap para pengendara kendaraan bermotor yang melanggar lalu lintas. Penilangan manual tersebut dilakukan apabila ada pelanggar yang melanggar secara kasat mata. Jumat (19/05/23).

“Penilangan kita laksanakan apabila pengendara didapatkan melakukan pelanggaran lalu lintas yang kasat mata, penindakan tilang manual tidak dilakukan dengan kegiatan razia yang menetap atau stasioner. Karena itu, para pengendara yang tidak merasa melakukan pelanggaran diharapkan tidak perlu takut.” ujarnya.

Kasar lantas juga mengatakan tidak boleh ada anggota yang dititipkan masyarakat uang atau anggota memberikankode briva kepada pelanggar karena akan dilaksanakan sidang bagi pengendara yang ditilang.

“Tidak boleh ada yang memberikan titipan atau berita Kepada pengendara yang ditilang karena akan dilakukan sidang,” kata Kasat Lantas.

Berita Lainnya..  Dikemimpinan Jaksa Agung Selalu Menitikberatkan Penanganan Perkara Tndak Pidana Korupsi Berkualitas

Kasat Lantas amenyebutkan ke-12 kategori pelanggaran yang akan ditindak melalui tilang manual adalah berkendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, menggunakan ponsel saat berkendara, menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm, melawan arus, melampaui batas kecepatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, ranmor tidak sesuai spesifikasi spion, knalpot bising, lampu utama, rem lampu petunjuk, menggunakan ranmor tidak sesuai peruntukannya, ranmor overload atau over-dimension, dan ranmor tanpa RNKB atau nomor registrasi kendaraan bermotor (NRKB) palsu.

“Semua kita awali dengan teguran, baik tertulis maupun secara lisan, saat mendapati 12 kategori pelanggaran undang-undang lalu ,” tutup kasat.||| Nks/**

 

 

Editur : $

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *